205 Polisi Disiagakan di Pilkades Serentak Mateng 2023

Mateng(Sulbar) – Kepolisian Resor Mamuju Tengah (Mateng) telah mempersiapkan 205 personel untuk menjaga ketertiban dan keamanan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 14 desa yang tersebar di Kabupaten Mamuju Tengah.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Mateng, AKP Mukthar Mahdi, mengungkapkan bahwa personel ini akan terlibat dalam berbagai tahap penting selama proses Pilkades.

“Dari 205 personel ini, mereka akan ditempatkan pada masa kampanye mulai tanggal 4 hingga 6 Oktober, masa tenang, penyaluran logistik pada tanggal 7 hingga 9 Oktober, pemungutan suara pada tanggal 10 Oktober, dan penarikan logistik di desa pada tanggal 11 Oktober,” kata Mukthar.

Selain itu, Mukthar juga menyampaikan bahwa Bantuan Kendali Operasi (BKO) sebanyak 60 personel telah diminta dari Polda Sulawesi Barat (Sulbar) untuk memperkuat pengamanan. Tanggal pengiriman personel BKO masih menunggu informasi lebih lanjut.

“Personel BKO akan ditempatkan di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) berdasarkan tingkat kerawanan di desa-desa tersebut,” tambahnya.

Mukthar berharap agar pelaksanaan Pilkades ini berjalan dengan bijak dan transparan, serta mengajak seluruh masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dalam situasi yang tidak diinginkan. Upaya ini diharapkan akan menjaga ketentraman dan kelancaran Pilkades di Mateng.(rls)