Asri Anas : Jangan Bersedih Bagi Yang Tidak Lolos CPNS Tahun 2018, Ada PPPK Jadi Solusi

Newssulawesi.com – Anggota Komite I DPD RI, Muhammad Asri Anas mengapresiasi program pemerintah melalui seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang di buka pada tahun ini.

Setelah dikabarkan ditunda, akhirnya resmi di buka pada tanggal 08 Februari 2019 kemarin.
Program seleksi PPPK ini, kata Asri, tak terlepas dari masukan demi masukan yang di berikan oleh pihak DPD RI kepada pemerintah melalui Kementerian PAN-RB.

Seperti di ketahui, lanjut Asri, Komite I DPD RI memberikan catatan atas pelaksanaan rekruitmen serentak CPNS tahun 2018 lalu untuk pemerintah.
Catatan itu diberikan kepada Syafruddin agar mengakomodir keluhan masyarakat terhadapa sedikitnya formasi CPNS serta hasil seleksi ambang batas yang rendah.

“komite I DPD RI menyampaikan berdasarkan masukan dari masyarakat di daerah, kemudian pak Menteri waktu itu menjanjikan akan mengeluarkan Permenpan di ikuti oleh skema baru untuk mengatasi permasalahan kelulusan seleksi”. Ungkap Asri kepada media belum lama ini.

Hal itu disampaikan Komite I DPD RI pada saat audiensi dengan Menpan RB dikantor PAN RB di Senayan. Asri melanjutkan, diketahui penentuan nilai ambang batas atau passing grad Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) saat itu membuat peserta yang lulus sangat sedikit.

“menurut data yang ada, kurang dari 1% dari formasi yang dibutuhkan”. Jelas Anggota DPD dua periode ini.

Ia pun berharap, pada seleksi penerimaan ini PPPK ini masyarakat Sulawesi Barat mempersiapkan diri untuk mengikutinya, apalagi tesnya juga berbasis CAT (Computer Assisted Test).

“jangan bersedih bagi yang tidak lulus pada seleksi CPNS tahun lalu, karena saat ini masih terdapat kekurangan tenaga PNS, khususnya tenaga guru dan perawat yang masih sekitar, 238.000 orang”. Tambah Asri

(*)