Bupati Serahkan Bantuan Darurat Kepada Korban Banjir dan Longsor di Desa Sejati

Mateng, newssulawesi.com – Didampingi Kepala Dinas Sosial, Kepala Kesbangpol, perwakilan dari BNPB, Perwira Penghubung, Babinsa, Kapolsek Tobadak serta Camat Tobadak, Bupati Mamuju Tengah, H. Aras Tammauni kunjungi lokasi longsor dan banjir di Desa Sejati, Kecamatan Tobadak, Sabtu (16/02/2019).

Disela kunjungannya, ia sampaikan bahwa bencana yang terjadi merupakan kehendak Yang Maha Kuasa, untuk itu kita harus lapang dada menghadapinya, meski begitu ia menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada.

“namanya bencana alam tentu tidak dapat diprediksi, tapi kami selalu siap siaga jika terjadi bencana dan masyarakat sementara waktu juga harus mengungsi ketempat aman, sebab musim hujan masih terjadi dan tanah juga masih rawan longsor”. Ungkapnya

Ia juga katakan, di beberapa titik jalan menuju Desa Sejati yang tertimbun longsor, hari ini pihaknya turunkan alat berat untuk membuka jalan tersebut.

“walaupun saat ini bisa dilalui tetapi kita harus berhati-hati. Dalam pengerjaannya, kita targetkan 7 sampai 10 hari kedepan semuanya akan rampung”. Kata Aras.

Ia berharap kepada seluruh warga Kabupaten Mamuju Tengah, baik dari para OPD maupun masyarakat agar meningjatkan kewaspadaan terhadap bencana yang kemungkinan terjadi, terutama para aparat di tingkat kecamatan dan desa untuk membangun koordinasi agar bencana dapat di antisipasi.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mamuju Tengah, Hj. Asmirah Djamal mengatakan, terkait dengan bencana, pihaknya telah menyiapkan tim siap siaga untuk turun lapangan membantu masyarakat pasca bencana.

“tim kami siap diterjunkan kapan saja dan dimana saja dan selalu siap siaga untuk melakukan penanganan seketika terjadi bencana”. Ungkap Hj. Asmirah.

Menurutnya, pemicu bencana alam yang terjadi diakibatkan karena tingginya curah hujan beberapa hari terakhir, dan berharap agar masyarakat tetap waspada karena sewaktu-waktu bencana susulan bisa saja terjadi.

Selain meninjau lokasi banjir dan longsor, Bupati beserta rombongan juga menyerahkan bantuan darurat kepada masyarakat yang terdampak bencana.

(NS/Ysn Hms)