Baznas Mateng Gelar Bimtek Imam Masjid

Mateng-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Mamuju Tengah (Mateng) mulai menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) para Imam Masjid.

 

Ketua BAZNAS Mateng Hamsa, mengatakan Bimtek itu dalam rangka memasuki bulan suci Ramadhan, dimana nantinya BAZNAS akan memiliki tugas pokok yakni pengumpulan zakat.

 

“Makanya sekarang kita sudah mulai melakukan Bimtek,”tutur Hamsa, saat ditemui. Kamis 17 Maret 2022.

 

Lanjutnya, Bimtek ini bertujuan agar para imam masjid memahami bagaimana tugas dan fungsinya nanti ketika waktu pengumpulan zakat, sehingga tidak lagi terjadi kebingungan atau tumpang tindih tupoksi.

 

Sebanyak kurang lebih 280 orang Imam Masjid mengikuti Bimtek yang tersebar disetiap Kecamatan dan mendapatkan SK sebagai Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dari BAZNAS.

 

Bimtek dimulai pada Tanggal 14 lalu hingga 23 Maret mendatang. Dan sudah ada koordinator masing-masing setiap Kecamatan. Kemudian Kecamatan yang sudah melaksanakan Bimtek Kecamatan Pangale dan saat ini berjalan Kecamatan Topoyo dan Tobadak.

 

Untuk narasumbernya sendiri diisi oleh Pimpinan komisioner BAZNAS Mateng yang sudah mumpuni dalam bidang Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS).

 

Hamsa, menambahkan sebelum pelaksanaan Bimtek, dilakukan terlebih dahulu pendataan terbaru warga dengan rinci setiap Desa hinga Kecamatan. Guna mempermudah pendataan saat pengumpulan potensi zakat fitrah nantinya kemudian pembagian kembali zakat kepada masyarakat yang membutuhkan.

 

Ia berharap, pelaksanaan Bimtek itu berjalan tanpa ada kendala sehingga para Imam Masjid mampu mensosialisasikan kepada masyarakat atau jamaah tentang bagaimana konsep mengeluarkan zakat sebagai umat muslim.(*/)