Askary : Kami Menilai Baznas Sudah Siap

Mateng(Sulbar) _ Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) H. Askary Anwar, S.Sos, M.Si imbau seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemerintahan, segera salurkan Zakat Fitrah di BAZNAS Mateng.

Hal itu disampaikan Ketika meninjau secara langsung kesiapan BAZNAS dalam rangka penerimaan Zakat Fitrah, di kantor BAZNAS. Pada Kamis 7 April 2022.

“Kami menilai BAZNAS sudah siap”, imbuhnya.

Ia menilai kesiapan BAZNAS sebagai lembaga resmi Pemerintah sudah layak dan siap melakukan penerimaan Zakat saat ini, sebagaimana Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 451.12/125/III/2022, tanggal 17 Maret 2022 tantang Penetapan Besaran Zakat Fitrah tahun 1443/2022 M. kemudian ditindaklanjuti menjadi surat edaran Bupati.

Lanjutnya, dilihat dari kinerja BAZNAS sejauh ini, baik dalam penilaian Pemerintah maupun pandangan Masyarakat dinilai sudah melakukan fungsi dan tupoksinya dengan baik serta pendistribusian bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan sudah tepat sasaran.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Mateng Hamsa, SE menambahkan kesiapan itu bisa diukur dari kantor yang memadai, sarana-prasaran yang cukup lengkap, karena telah menggunakan aplikasi SIMBA, dimana aplikasi itu secara otomatis terkoneksi dengan aplikasi di BAZNAS pusat, sehingga pelaporan tingkat Zakat Fitrah yang masuk dilaporkan secara transparansi.

Ia juga kembali menghimbau seluruh instansi, swasta maupun pemilik usaha dan Masyarakat agar menyalurkan Zakat di BAZNAS. Ia juga menyampaikan teknis pengumpulan Zakat, bagi sekumpulan OPD yang tidak sempat menyetor langsung ke kantor BAZNAS maka bisa dijemput di kantor masing-masing.

“Misalnya, dalam satu OPD bisa didatangi langsung oleh staf bagian pengumpulan”, terangnya.

Sehingga beberapa jumlah pegawai dalam OPD bisa secara bersamaan menyerahkan Zakatnya. Hal itu juga akan mempermudah bagi yang ingin segera berzakat.

Ia lanjut menjelaskan, kemudian ketika sudah menyerahkan zakat dan diinput pada aplikasi maka pemberitahuan secara otomatis akan masuk di nomor Telephone masing-masing bahwa telah menyalurkan Zakat.

Dalam peninjauan tersebut, turut hadir juga Kepala Kabag Kesra Rukmana dan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Ishaq Yunus.(A/*)