Amin Jasa Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Jadi Mateng Yang Ke-10

Tobadak(Mateng)_Memperingati Hari Jadi Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) Ke-10, Wakil Bupati Mateng Muh. Amin Jasa menuturkan, seiring berjalannya waktu tidak terasa usia Mateng telah berusia 10 tahun.

Diusia yang ke 10 tahun Mateng telah memiliki pemahaman mandiri lebih baik,sehingga masa mempersiapkan diri untuk naik kejenjang lebih tinggi telah matang dan siap mengeksplorasi diri mewujudkan tatanan sosial yang baru.

” jika 25 tahun yang lalu dianggap sebagai prinkatpray, maka setahun kita anggap sebagai pringkatlima atau lebih menjadi simbol daerah yang matang mengerti satu sama yang lain” ujar Wabup Mateng, saat menjadi inspektur upacara hari jadi Mateng. Rabu (14/12/22)

Selain itu, Wakil Bupati Mateng Muh.Amin Jasa juga menyatakan momentum peringatan hari jadi Kab. Mateng bukan hanya sebagai peringatan seremonial belaka, tetapi menjadi satu poin dan servis senior ketika pemerintah, DPRD dan masyarakat mampu melakukan refleksi dan konter plastik waktu penuh dengan perjuangan, semangat pengabdian demi mengejutkan cita cita pembentukan Kab. Mateng menuju masyarakat yang maju Rassa strategi dalam bingkai lallatasisara.

“Tantangan yang kami hadapi beberapa tahun yang lalu akibat covid 19 hingga sampai saat ini belum pulih, telah memberikan tekanan terhadap kondisi perekonomian dan pelaksanaan pembangunan nasional, bahkan begitu buruk dampaknya terhadap daerah kita ini,” bebernya.

Lebih lanjut ia katakan, pertumbuhan ekonomi kita yang sebelumnya mengalami kontraksi 0,40 persen, mulai membaik dan tumbuh sebesar 3.39 persen. Kwalitas pangan kita terus mengalami perbaikan, kenaikan IPW kita dari 65,71 naik menjadi 66,8 persen. Untuk kesehatan kita naik dimana usia harapan hidup tertinggi kedua di Provinsi Sulawesi Barat yakni 68,55 tahun.

Sementara tingkat penganguran terbuka, kata Amin, Kab.Mateng masih rendah berada pada 2,52 persen masih dibawah angka Nasional dan Provinsi yaitu 7,13 persen. Untuk angka kemiskinan ekstrim 0,59 persen atau sebesar 820 jiwa penduduk.

“Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, berbagai prestasi yang telah kita raih. Diantaranya: penghargaan Innara Award 2021,penghargaan dari Kantor Dirjen Wilayah Pembendaharaan Prov. Sulbar sebagi kedua dan terbaik dan Desa terbaik 2021. Penghargaan dari Gubernur Sulbar ketiga terbaik perencanaan pembangunan daerah tingkat Kabupaten Se-sulawesi Barat,” terangnya.

“Juara satu lomba inovasi daerah antar Kabupaten Se-sulawesi Barat tahun 2022, penghargaan pengelolaan perencanaan kebutuhan kesehatan terbaik tingkat nasional tahun 2022 dan bertambahnya dua Desa Mandiri,” tutup Amin.

Turut hadir pada kegiatan tersebut: Sekprov Sulbar Muh Idris,Bupati Mateng Aras Tammauni,Wakil Bupati Mateng Muh.Amin Jasa,Sekda Mateng Askary Anwar,Anggota DPR RI Komisi X Arwan Aras, Anggota DPD RI Iskandar Muda ,Ketua DPRD Mateng Arsal Aras,Mantan Bupati Mateng pertama Junda Maulana,Ketua Harian DPD Golkar Sulbar Irwan Setya Putra Pababari dan tamu undangan lainnya.