Nurwati: Saat Ini Mateng Masih Zona Hijau Penyebaran Virus PMK

Tobadak(Mateng)_Terkait penyebaran Virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Wilayah Kabupaten Mamuju Tengah, sejauh ini masih terkendali.

 

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) Nurwati.S.P.

 

Kepada awak media Nurwati menjelaskan, untuk wilayah Mateng pihaknya telah mengantisipasi penyebaran virus PMK dengan cara melakukan vaksinasi ternak dan pengobatan.

 

“Kami ini sekarang sementara jalan terus melakukan vaksinasi,” ujar Nurwati saat ditemui di ruangan kerjanya, Kamis (15/12/22)

 

Selain proses vaksinasi, kata Nurwati, pihaknya juga melakukan Desinfektan, Desinpeksi kandang dan Penyemperotan kandang di setiap pengembala.

 

“Kita juga biasa lakukan ditempat pengembalan, untuk saat ini alhamdulillah Mateng belum ada info. Kan biasa itu ada info dari peternak, jika ternaknya sakit, tapi sementara ini belum ada,” terangnya.

 

Sementara untuk penyakit virus Babi, Nurwati menyebut peternak masih aman aman saja. Sebab, selain virus PMK , Amerominal juga menyerang Babi.

 

“Untuk Babi masih aman juga, kan yang di serang PMK itu hewan yang berkuku belang seperti Babi, Kambing, Sapi, tapi untuk Mateng masih Zona hijau,” sambungnya.

 

Ia juga menambahkan bahwa dalam proses mengantisipasi penyebaran virus PMK di Mateng pihaknya terus melakukan penjagaan disetiap perbatasan.

 

“Dari bulan juli kita sudah stanbai diperbatasan, kadang juga kita dibantu oleh pihak Kepolisan. Terkadang ada ternak tanpa SKK dan surat surat, kita suruh putar balik dan kita kawal sampai keluar di wilayah Mateng,” tutupnya.(*/E)