Peduli Terhadap Stunting, Ketua Bhayangkari Polres Mamuju Tengah Bagikan Vitamin A

Topoyo(Mateng) – Bertempat di Posyandu Kemala Bhayangkari ranting Topoyo, Ketua Bhayangkari Cabang Mamuju Tengah Ny Shinta Amri Yudhy beserta pengurus memberikan vitamin A kepada anak-anak di Posyandu Kemala PD. Sulbar / XL– 08, Jumat (24/02/23).

Pemberian vitamin A kepada anak-anak dalam rangka peduli kesehatan kepada anak agar tetap terjaga kesehatan, serta memberikan makanan tambahan kepada balita dan anak-anak sebagai upaya pencegahan stunting di kecamatan Topoyo.

Usai melakukan kunjungan tersebut, Ketua Ny Shinta Amri Yudhy menjelaskan, stunting merupakan salah satu kondisi masalah kesehatan yang tengah menjadi perhatian dunia, terutama bagi negara-negara berkembang, tak terkecuali di Indonesia.

Stunting, kata Ny Shinta Amri Yudhy merupakan adanya hambatan pada tumbuh kembang anak. Kondisi ini sering terjadi kepada anak-anak dengan rentang usia 24-59 bulan.

“Stunting ditandai dengan kondisi balita yang memiliki tinggi badan kurang dari balita lain seusianya atau memiliki tinggi badan di bawah standar pertumbuhan,” kata Ny Shinta Amri Yudhy

Ia menerangkan, stunting termasuk dalam gangguan pertumbuhan yang diakibatkan karena tidak sesuainya jumlah asupan gizi yang harus diterima dan kurangnya kualitas gizi tersebut. Masalah kesehatan ini akan menyebabkan terganggunya tumbuh kembang anak, terutama dalam seribu hari pertama kehidupan (HPK).

“Orang tua yang minim pengetahuan mengenai pemberian gizi seimbang akan sangat berbahaya apabila tidak segera diberi penyuluhan. Maka, pentingnya pemahaman mengenai kualitas dan kuantitas gizi yang harus diberikan pada anak merupakan satu langkah pencegahan stunting,” jelasnya.

Namun, tambahnya, terdapat pula satu cara yang bisa dilakukan sebagai langkah pencegahan terjadinya stunting pada anak, yaitu dengan pemberian vitamin A.

“Pemberian vitamin A pada anak merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menangani permasalahan gizi. Anak yang kekurangan vitamin A bisa rentan terserang berbagai penyakit dan infeksi,” sebutnya.

Selain pemberian vitamin, Ketua Bhayangkari Cabang Mamuju tengah turut melaksanakan Penimbangan berat badan, Pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala, serta Penyuntikan Imunisasi.

Tidak hanya itu saja, pada kesempatan ini Ketua Bhayangkari Cabang Mamuju Tengah turut memberikan tali asih kepada para kader Posyandu Kemala /PD.SULBAR / XL– 08 sebagai bentuk perhatian Ketua Bhayangkari Cabang Mamuju Tengah.***

Editor: Erik
Source: Humas Polres Mamuju Tengah