Antisipasi Kebakaran Lahan Meluas di Pulau Kambunong, Personil Polres Mateng Gerak Cepat

Karossa(Mateng) – Kebakaran lahan yang melanda Pulau Kambunong, Desa Kambunong, Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah, mendapatkan respon cepat dari Polres Mamuju Tengah (Mateng). Jumat (18/8/2023) sekira pukul 14.00 WITA siang.

 

Keterbatasan pasokan air di Pulau Kambunong membuat upaya pemadaman sulit dilakukan. Mesin pompa tidak tersedia dan kondisi air laut saat ini sedang surut, memperburuk situasi. Dalam upaya mengatasi kejadian ini, Kapolres Mateng AKBP Amri Yudhy S., S.I.K, M.H memimpin personil Polres Mateng untuk turun tangan membantu warga Pulau Kambunong memadamkan api.

 

Terkait akses menuju pulau yang hanya bisa ditempuh melalui jalur laut, langkah-langkah telah diambil untuk menyiapkan alat transportasi agar personil polres dapat menyeberang ke Pulau Kambunong. Selain itu, koordinasi dengan Pemda Mateng telah dilakukan guna mengatasi kebakaran lahan ini.

 

Personil Polres Mateng melakukan upaya pemadaman, terutama di area yang sulit dijangkau oleh masyarakat. Alat pemadam api ringan (APAR) digunakan untuk meredam api yang semakin meluas.

Kapolres Mateng menjelaskan terkait kronologi peristiwa yang terjadi, bahwa awalnya Sekitar pukul 11.00 WITA, salah seorang ibu rumah tangga memperhatikan adanya asap di atas gunung di area perkebunan warga. Melihat hal itu, kemudian Informasi ini langsung disebar kepada masyarakat sekitar Pulau Kambunong.

 

Selanjutnya, Anggota BPBD Mateng sekaligus warga Dusun Kambunong, menjelaskan bahwa api diduga berasal dari puntung rokok warga yang mencari kelelawar di kebun pada malam hingga subuh. Kebakaran ini dipicu oleh tumbuhan kering yang merembes ke pohon cengkeh di atas gunung.

 

Masyarakat sekitar pulau berinisiatif untuk berupaya memadamkan api dengan menggunakan kayu basah, pelepah kelapa, dan bahan lainnya, mengingat akses air sangat terbatas di atas Gunung Pulau Kambunong. Meskipun api berhasil dipadamkan dalam beberapa titik, beberapa tempat masih menghadapi bara yang tersisa.

 

“Luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai kurang lebih 2 hektar, namun perlu dicatat bahwa tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini”, jelas Amri.

 

Sebagai tindakan pencegahan tambahan, aliran listrik di pulau Kambunong sementara dimatikan untuk menghindari risiko korsleting listrik akibat dampak dari kebakaran.

 

Polres Mateng dan pihak berwenang setempat masih terus memantau situasi di Pulau Kambunong, dengan fokus pada pemadaman sisa bara yang mungkin masih ada di wilayah gunung yang sulit dijangkau. Semua pihak diharapkan dapat berkontribusi dalam memastikan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat setempat.(rls)