Asisten I: Berbicara Soal Kesehatan Bukan Hanya Tugas Dinkes Mateng

Topoyo(Mateng)_Dalam Rangka Penyusunan Dokumen Rencana Kerja (Renja) Tahun 2024 Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mamuju Tengah gelar Forum Perangkat Daerah (OPD).

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Wisma Widya Buah, Topoyo Desa Topoyo Kecamatan Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Senin (06/03/23).

Dalam Sambutannya, H. Bahri Hamzah, S.Ip., M.Si. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Sekkab Mateng mengatakan bahwa Forum OPD ini bagian terpenting dalam penyusunan Rencana Kerja tahun  2024.

“Forum ini lanjutan dari hasil yang didapatkan dari Musrembang Desa dan Kecamatan sampai kita bawah ke forum ini untuk perencanaan kegiatan tahun 2024,” ungkapnya.

Ia melanjutkan bahwa apa yang di rumuskan di tingkat desa dan kecamatan khususnya kesehatan disinkronkan di forum ini.

“Kita sinergikan dan kolaborasi ke semua OPD, karena berbicara soal kesehatan tidak hanya ditangani oleh Dinkes, tetapi kita semua,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa dengan ini semua memiliki peran yang sangat strategis.

“Salah satu fungsi manejemen  kunci utamanya adalah branding, nah ini juga tahapan perencanaan dari sebuah pembangunan, kalau perencanaan amburadul pasti hasilnya kurang maksimal, intinya perencanaan harus matang,” ucapnya.

Ia juga berharap agar OPD yang hadir dapat memberikan masukan.

“Kita berharap apa keinginan masyarakat dapat dimasukkan terkait pelayanan kesehatan,” imbuhnya.

Kata dia OPD harus berinovasi, bagaimana menggunakan anggaran seefisien mungkin tetapi menghasilkan out food yang luar biasa.

“Artinya kita menggunakan anggaran minim tapi hasil banyak, inj juga bagian dari pengembangan SDM,” Katanya.

Ia menegaskan bahwa ini untuk mempertajam Renja OPD, karena salah satu program utama pasca pandemik adalah bidang kesehatan.

“Tahun kemarin Mateng melakukan perekrutan  P3K hanya di bidang kesehatan dan pendidikan, artinya bahwa kita memang harus fokus di kesehatan, pelayanan kesehatan ke masyarakat harus ditingkatkan dan dipercepat,” tegasnya.

Ia juga katakan bahwa teknologi semakin canggih dan jaringan internet di Mateng lancar.

“Tinggal kita ini mau berbuat ataupun mau membangun daerah kita,” ucapnya.

Hadir Kepala OPD Se-Mateng, Direktur RSUD Mateng, Kepala PKM Se-Mateng dan Camat se-Mateng serta tamu undangan lainnya.

Penulis : Erik