Dengan Modal Seadanya, 2 Orang Alumni Instiper Jogja Buka Usaha Jagung Bakar

Mateng, newssulawesi.com – Terinspirasi usaha yang dilakoni oleh bapak kost semasa kuliah di Jogja, dua orang putra Mamuju Tengah lulusan Institut Pertanian Stiper (Instiper) Jogja, buat usaha mandiri jual jagung bakar di pinggir jalan poros Mamuju-Palu, tepatnya di Polohu, Desa Babana.

Pian (23) asal Desa Waeputeh dan Rizky (23) asal Desa Salugatta, kedua mantan mahasiswa Instiper Jogja tersebut memulai usahanya dengan modal seadanya.

“kami belajar dari bapak kost semasa kami kuliah di Jogja, dia (bapak kost, red) yang menjadi penjual jagung bakar selama 25 tahun. Dari situlah kami bertekad setelah lulus kuliah akan kami terapkan di kampung halaman (Mateng), dan semoga berhasil,” jelas Pian, sembari melayani pembeli jagung bakar yang sedang antri.

Menurutnya, mengawali usaha jagung bakar hanya bermodal Rp.50ribu untuk membeli jagung, hingga hari keenam, usaha yang menyediakan 10 pilihan rasa itu semakin berkembang.

Ia katakan, Sejak kuliah hingga menjadi sarjana dirinya tidak mau bergantung kepada orang lain. Sebab itu meskipun bermodal kecil, usahanya akan dijalankan tanpa harus membebani orang tua.

Ia bercita-cita menjadi pengusaha sukses, agar kelak dengan kesuksesan usahanya dapat membuka lapangan kerja bagi para pengangguran.

Adapun 10 pilihan cita rasa bumbu jagung bakar hasil karyanya, antara lain original, Manis, Asin, Pedas, Manis Asin, Pedas Manis, Pedas Asin, Nano-Nano, Balado dan rasa keju dengan harga yang sama.

(SBM/JML)