DPRD Mateng Serahkan Pokir 2023 Sekaligus Penyerahan 15 Buah Prolegda 2022 Dari Pemkab

Tobadak(Mateng)-Bertempat diruang sidang Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) dilaksanakan Rapat Penyerahan Pokir Tahun 2023, sekaligus dirangkaikan dengan penyerahan 15 buah Rancangan Program Legislasi daerah (Prolegda) tahun 2022 dari Pemkab Mateng ke – DPRD Mateng, Jum’at (21/01/2022).

Rapat Paripurna dipimpin langsung Wakil Ketua l DPRD Mateng, Herman didampingi anggota DPRD, Rukman serta sejumlah anggota DPRD lainnya. Hadir pula Asisten I Pemerintahan Bahri Hamsah dan serta Pimpinan OPD lingkup Pemda Mateng.

Dalam rapat tersebut, Herman mengatakan Pokir DPRD Mateng merupakan Aspirasi Masyarakat yang di titipkan melalui reses Anggota Dewan agar di perjuangkan di pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD). Hal ini sesuai Pasal 55 huruf (a) PP No. 16 tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan DPRD tentang Tata Tertib DPRD disebutkan dan Badan Anggaran mempunyai tugas memberikan saran dan pendapat berupa Pokir Dewan kepada Pemerintah Daerah dalam mempersiapkan RAPBD sebelum di tetapkannya APBD.

“Secara umum dalam pokir dari masing-masing pimpinan dan Anggota DPRD Mateng tersirat harapan masyarakat untuk mendapatkan perbaikan terhadap pelayanan Infrastruktur, Kesehatan dan Pendidikan, ” terang Herman.

Lebih lanjut lagi, Herman menyatakan rancangan peraturan daerah (Perda) yang telah diserahkan Pemda Mateng, agar kiranya segera dilengkapi drafnya untuk mempercepat proses rapat-rapat yang di selenggarakan ditingkat Bapemperda DPRD Mateng.

“Melalui Asisten I Pemerintahan, kami berharap kiranya OPD terkait pro aktif untuk mengikuti rapat-rapat yang akan dilaksanakan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) dan Pansus DPRD yang nanti akan kita bentuk,” sambungnya.

Herman juga tegaskan, dari 15 buah Ranperda tersebut yang nantinya akan dibahas oleh Bapemperda akan melakukan telaah. Sehingga mendapatkan program skala prioritas dan betul-betul dibutuhkan saat ini, dengan tetap menyesuaikan ketersediaan anggaran.Adv(*)