Gelar KIE, Dinkes Mateng Gandeng BPOM

Topoyo(Mateng)_Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) Bekerja sama dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) melaksanakan (KIE) Komunikasi dan Edukasi Keamanan Pangan tahun 2022.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Wisma Bahari Topoyo Kecamatan Topoyo Mateng, Senin (03/10/22).

Dalam sambutannya Drs. Bambang Suparni Plt. Ka. Dinkes Mateng mengatakan bahwa berbicara tentang ketahanan pangan ini sangat erat kaitannya dengan kesehatan. Tentunya, derajat kesehatan kita dan masyarakat khususnya Mateng harus menjadi perhatian prioritas kita bersama.

“Apa artinya uang kita banyak tetapi kalau kita sakit sakitan, saya ingat dulu kalau mau makan daging kita turut kan karena tidak ada binatang untuk diganti. Tetapi sekarang kita mampu membeli daging tetapi tidak bisa dimakan karena itu sangat pentingnya kesehatan,” ujarnya.

Ia melanjutkan bahwa ketahanan pangan harus dijaga sebab pangan merupakan kebutuhan manusia yang paling mendasar. Karena itu kesehatan dan ketahanan pangan merupakan satu kesatuan yang harus terpenuhi.

“Sebelum Covid di Mateng makanan yang diperjualbelikan ada terdapat kandungan yang tidak boleh dikonsumsi oleh masyarakat. Seperti ikan yang di formalin dan sebagainya,” ucapnya.

Ia menambahkan, melalui kegiatan ini tentunya Dinkes Mateng berharap kepada peserta untuk dapat mensosialisasikan, mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk tetap menjaga pentingnya hidup sehat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Drs. Muh Hidayat Yusuf, Apt perwakilan BPOM, Kabid SDK I Nyoman Sumadana, SKM, MM.Kes, Pejabat Pengawas Farmasi dan Makanan I Ketut Pember, S. Kep. Ns, Kades dan peserta sosialisasi.(erik/*)