Ini Pandangan Fraksi Demokrat Lalla Tassisara Terhadap APBD Pokok MatengTahun 2023

Mateng, Newssulawesi.com – Fraksi Demokrat Lalla Tassisara sampaikan pandangan umum pada Paripurna DPRD Mamuju Tengah (Mateng) terkait APBD Pokok Tahun 2023

Dalam penyampaiannya terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pokok Mateng Tahun 2023, Jubir Fraksi Demokrat Lalla Tassisara, Fathahuddin Al Gafiqhi menuntut Pemda Mateng lebih inovatif.

“Mensupport UMKM dan industri kecil yang ada di Mamuju Tengah dalam menghasilkan dana dan mengelola sumber pendapatan, ” ujar Fatha dalam Paripurna pandangan Umum Fraksi, kamis (17/11/2022)

Ia katakan, ini dimaksudkan agar sumber-sumber PAD Mateng bisa lebih di maksimalkan.

Menurutnya, sumber-sumber pendapatan alternatif perlu digali dengan cara mengoptimalkan potensi ekonomi yang ada.

“Perlu diketahui, seperti apa gambaran optimalisasi dalam mengakselerasi sumber pembiayaan dan penganggaran dan bagaimana mensinkronkan dengan target RPJMD serta memprioritaskan kepentingan rakyat”, tuturnya

Selain itu, dalam pandangan umum fraksinya, Fathahuddin juga menyinggung tentang dunia pendidikan.

Diamana saat ini ada beberapa sekolah mengalami kekurangan mobiler sehingga mempengaruhi proses belajar mengajar.

“Terkait dunia pendidikan, masalahnya saat ini adalah kurangnya fasilitas mobiler-mobiler yang ada dibeberapa sekolah. untuk itu, sistem pembiayaan di dalam APBD tahun 2023 sebanyak 20 %, itu kiranya bisa dialokasikan agar proses belajar mengajar dapat berjalan maksimal, ” Terang Fatha.

Lanjut ia katakan ini perlu menjadi perhatian karena pendidikan yang baik dapat meningkatkan SDM para generasi penerus Kita untuk membawa Mateng jauh lebih baik ke depan.

Ia menambahkan, berbagai permasalahan pembangunan dan penyelamatan lingkungan juga harus menjadi perhatian pemerintah.

“Daerah kita tiap tahunnya selalu terjadi bencana alam. Olehnya itu, bagaimana gambaran alokasi anggaran yang diperuntukkan untuk melakukan perlindungan, pengelolaan dan pelaksanaan pembangunan untuk meminimalisir terjadinya bencana alam”, Pungkasnya.

(Adv ini dipersembahkan oleh Sekertariat DPRD Mamuju Tengah)