Jelang Pilkada 2024, Kompolnas Pantau Kesiapan Polres Mateng Amankan

Mateng—Komisi Polisi Nasional melakukan kunjungan kerja ke Polres Mamuju Tengah (Mateng) dalam rangka monitoring pasca Pemilu 2024 dan pengawasan kesiapan Pemilukada Serentak 2024.

 

Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Tim, Irjen. Pol. (P) Drs. Pudji Hartanto Iskandar, dan disambut hangat oleh Kapolres Mateng, AKBP Hengky K. Abadi, beserta jajaran pejabat utama Polres Mateng di Aula Wicaksana Laghawa Mapolres, Kamis (17/10/2024).

 

Dalam pertemuan tersebut, Kapolres Mateng memaparkan berbagai kesiapan yang telah dilakukan Polres Mamuju Tengah terkait Sumber Daya Manusia (SDM), Sarana dan Prasarana (Sarpras), anggaran, serta Operasi Mantap Praja 2024.

 

Langkah-langkah tersebut dilakukan untuk memastikan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 berjalan dengan aman, tertib, dan lancar di wilayah hukum Polres Mamuju Tengah. AKBP Hengky juga menyampaikan bahwa pasca Pemilu 2024, situasi di wilayah tersebut tetap aman dan kondusif, dengan tidak adanya kejadian menonjol selama Operasi Mantap Brata 2024.

 

“Saya berharap kunjungan Kompolnas ini dapat memberikan masukan yang lebih baik untuk kinerja kami dalam meningkatkan kesiapan Polres Mateng dalam mengamankan Pilkada Serentak 2024,” ujar AKBP Hengky Kristanto Abadi.

 

Tim Kompolnas yang dipimpin oleh Irjen. Pol. (P) Drs. Pudji Hartanto Iskandar juga melakukan pengumpulan data dan informasi terkait SDM, Sarpras, anggaran, dan operasional di wilayah Polres Mamuju Tengah.

 

Data ini akan digunakan sebagai bahan untuk memberikan rekomendasi dan masukan kebijakan guna memperkuat peran Polri dalam mengawal proses demokrasi.

 

Dalam sambutannya, Irjen. Pol. (P) Drs. Pudji Hartanto Iskandar menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Polres Mateng atas keberhasilan mereka dalam menjaga keamanan selama Operasi Mantap Brata 2024.

 

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh rekan-rekan Polri, khususnya Polres Mateng, atas hasil pengamanan Pemilu 2024 yang aman dan kondusif di wilayah Mamuju Tengah,” ungkapnya.

 

Ia juga menekankan pentingnya pelaksanaan Operasi Mantap Praja 2024 dengan optimal, termasuk upaya pencegahan potensi kerawanan agar Pilkada Serentak 2024 dapat berlangsung damai.

 

“Sinergi antara Polri, penyelenggara pemilu, dan stakeholder terkait sangat penting untuk menciptakan suasana yang kondusif, dengan tetap mengedepankan netralitas Polri,” tambahnya.

 

Irjen. Pol. (P) Drs. Pudji Hartanto Iskandar menutup sambutannya dengan menyampaikan bahwa kunjungan ini kemungkinan menjadi yang terakhir di periode kerja Kompolnas saat ini.

 

“Kami menyampaikan permohonan maaf apabila selama menjalankan pengawasan eksternal masih terdapat kekurangan, dan kami berharap hasil kunjungan ini dapat bermanfaat untuk Polri ke depannya,” tutupnya.

 

Kunjungan kerja ini menjadi langkah penting dalam memastikan kesiapan Polres Mamuju Tengah dalam mengamankan Pilkada Serentak 2024 dan menjaga keamanan serta ketertiban di wilayah hukum Polres Mateng.***