Ketua KBIHU Jabal Nur Topoyo Apresiasi Inovasi Layanan Haji

Mateng(Sulbar)–Berbagai inovasi layanan Kementrian agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) dalam penyelenggaraan ibadah haji patut di apresiasi.

 

Hal itu diungkapkan Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Jabal Nur Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), H. Bazo Ahmad Zulfikar.

 

“Hal tersebut kami rasakan pada saat pelaksanaan ibadah haji Tahun 2024. Pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2024 berbagai inovasi yang di lakukan kemenag sangat membantu dan memudahkan jemaah dalam melaksanakan ibadah haji,” ujar H. Baso, melalui pesan singkat whatsapp, Jumat (20/09/24).

 

Ia H. Baso menambahkan bahwa salah satu inovasi yang sangat membantu jemaah haji adalah safari wukuf jemaah lansia yang di atur sedemikian baik dan terukur, ini sangat membantu jemaah dalam melakukan pergerakan di armuzna.

 

“Kita tau bersama bagaimana sulitnya pergerakan jemaah mulai dari hotel ke Arafah dan Arafah ke muzdalifah selanjutnya muzdalifah ke Mina, ini sangat membutuhkan perhatikan khusus dan kondisi fisik yang prima,” jelasnya.

 

“Biasanya di tahun tahun sebelumnya kami sebagai KBIHU yang mendampingi jemaah sangat kesulitan memobilisasi dan mengatur jemaah dalam pergerakan armuzna namun dgn adanya inovasi kebijakan kementrian agama yang membuat skedul pergerakan khusus jemaah lansia ini sangat memudahkan kami dalam melaksanakan ibadah haji,” terangnya.

 

“Olehnya itu kami sangat mengapresiasi kebijakan kementrian agama dalam membuat inovasi yang patut untuk di akui dan di apresiasi. Selain itu pula berbagai peningkatan layanan baik di dalam negri maupun diluar negri sangat baik,” pungkasnya.

 

Ia juga katakan bahwa terutama penempatan para petugas haji, hampir di semua titik krusial yang di lewati jemaah haji ada para petugas haji yang selalu siap membantu jemaah apabila ada jemaah yang membutuhkan bantuan.(*)