Home - Regional - KPU Teledor, Rudi Melapor ke BAWASLU
Rudi Rahmadi, sekretaris DPC partai Gerindra Mamuju Tengah

KPU Teledor, Rudi Melapor ke BAWASLU

Mateng, newssulawesi.com – Sebagai penyelenggara pemilu,KPU yang mempunyai peranan sangat penting dalam pemyelenggaraan juga ikut dituntut harus bersikap yang professional dan independen dalam menghadapi persiapan dan tahapan pemilu itu sendiri.

Berkaitan dengan hal itu KPU Mamuju Tengah dilaporkan ke Bawaslu Mateng oleh Rudi Rahmadi selaku Sekertaris dari Partai Gerindra, ia menilai KPU teledor dan tidak professional dalam memberikan data ke Gerindra.

Adapun alasan pelaporan sengketa proses pemilu yang diajukan terkait 3 hal :
1. Menindak lanjuti keputusan KPUD Mateng yang menetapkan sebagai BMS (Belum Memenuhi Syarat) dengan alasan yang tidak jelas.
2. Ketidak nayamanannya sebagai LO yang tidak mendapat penghargaan Komisioner KPU Kab. Mateng yang kerap kali memberi keterangan yang tidak memberi asas kepastian hukum sebagaimana asas prinsip penyelenggaraan pemilu.
3. Dengan mengembalikan kepada Parpol beberapa dokumen yang seharusnya menjadi rahasia Negara yang dapat merugikan Negara dan mencederai proses demokrasi yang sedang berlangsung.

“terkait masalah ini kami sangat kecewa atas ketidak profesionalan dari KPU yang mengeluh terkait pelayanan pendaftaran parpol ke KPU dan data verifikasi partai yang di berikan oleh KPU juga tidak sesuai dengan yang kami serahkan ke KPU” sahut Rudi

Menanggapi hal itu Suryadi Rahmat selaku Ketua KPU Mamuju Tengah yang ditemui setelah sidang di kantor Bawaslu Mateng pada jumat 3 agustus 2018 mengatakan, bahwa kesalahan tersebut lumrah dan manusiawi dilakukan, akibat menumpuknya berkas verifikasi calon yang mengakibatkan adanya kesalahan pada penginputan.

“kami akui adanya kesalahan penginputan tapi itu karena kami diberikan waktu yang begitu singkat dan memeriksa sebanyak 380 calon yang berkasnya harus di verifikasi ,dan saya kira kesalahan kami ini manusiawi karena kami diberikan waktu verifikasi dalam waktu singkat karena parpol mendaftar di akhir waktu, tapi tidak terjadi kesalahan di berita acara namun hanya dipenginputanya. Tutup Suryadi. (Cillo)

About admin