Launching Revitalisasi KUA Topoyo Mateng Demi Tingkatkan Pelayanan Umat Beragama

Topoyo(Mateng)_Kantor kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan umat beragama.

 

Hal tersebut dibuktikan dengan launching revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) Topoyo yang diresmikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Syafruddin Baderung. Selasa(08/11/22).

 

Syafruddin mengatakan bahwa tugas Kemenag itu berat karena mengurusi persoalan umat dan umat itu tentunya banyak, sebagaimana nomenklatur Kemenag ialah bagaimana mengurusi umat beragama  Islam, Kristen, Hindu, Katolik, Budha, dan Khonghucu.

 

“Kita punya tugas berat karena langsung bersentuhan dengan umat,” ungkap Syafruddin.

 

olehnya itu dibutuhkan terus peningkatan inovasi demi meningkatkan dan mempermudah pelayanan umat beragama.

 

Ia melanjutkan dalam konsep pembangunan revitalisasi itu merupakan program Kemenag, kemudian direalisasikan KUA, sebagai program pelayanan terpadu.  Diantaranya memperkuat peran KUA untuk meningkatkan kualitas umat beragama,  menciptakan sumber daya yang unggul, meningkatkan pelayanan umat beragama yang berbasis teknologi.

 

Selain dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, juga telah disediakan aula balai nikah jika ada umat yang ingin melangsungkan akad nikah di KUA.

 

Syafruddin juga menambahkan di Sulbar baru ada dua Kabupaten sebagai percontohan pembangunan gedung revitalisasi, yakni di Mateng dan Majene. Harapan kedepannya akan merata pembangunan agar pelayanan umat beragama terus ditingkatkan.

 

Ia juga menuturkan dimasa jabatannya saat ini, ia berupaya agar gedung kantor Kemenag segera dibangun, karena saat ini masih ngontrak di ruko milik masyarakat.

 

“Saya upayakan dimasa jabatan saya, kantornya harus terbangun,” tandasnya.

 

Sementara itu, Kepala Kemenag Mateng, Muliadi Rasyid, berharap agar program revitalisasi tersebut, mampu meningkatkan semangat kerja para satuan kerja yang ada di Kemenag, khususnya KUA. Karena di KUA pelayana umat banyak dilakukan.

 

“Saya berharap kinerja-kinerja KUA lebih ditingkatkan lagi,” tutur Muliadi.

 

Ditempat yang sama, Kepala KUA Topoyo, Lalu Rahman, menuturkan akan memanfaatkan program revitalisasi itu dengan baik, karena telah diberi kesempatan untuk bertanggungjawab atas program tersebut.

 

Dan terus melakukan inovasi dan kreativitas demi mempermudah pelayanan dan kenyamanan umat beragama.

 

“Kami akan terus tingkatkan kinerja demi kenyamanan umat beragama,” tutupnya.(Nil/*)