Membeludak, 12 Balon Cakades Budong-budong Mateng Ikuti Seleksi Uji Kelayakan

Tobadak(Mateng)__Tahapan Pemilihan Calon Kepala Desa (Cakades) Serentak Kabupaten Mamuju Tengah Tahun 2023 memasuki tahap Tes Tertulis dan Wawancara bagi Desa yang Pendaftarnya lebih dari 5.

 

Dari 14 Desa yang akan melaksanakan pemilihan serentak, ada satu desa yang pendaftarnya sebanyak 12 Bakal Calon (Balon) Kepala Desa (Kades) yakni Desa Budong-budong Kecamatan Topoyo.

 

Test tersebut digelar di Aula B kantor Bupati, Jl. Tammauni Pue Ballung, KTM Tobadak Kecamatan Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah, Rabu (20/09/23).

Kepada awak media H. Bahri Hamsah Asisten I Bidang Pemerintah Sekkab Mateng mengungkapkan bahwa uji kelayakan bakal calon dengan tes tertulis dan wawancara bagian dari proses tahapan.

 

“Dari 14 Desa di pilkades serentak 2023 hanya Desa Budong-budong yang pendaftarannya lebih dari 5, sehingga dilakukan tes seleksi,” tutur Bahri yang juga Ketua Tim Seleksi.

 

Ia melanjutkan bahwa disinilah dilihat kelayakan seorang balon kades, kemampuan masing-masing, ada indikator penilaian.

 

“Selain tes tertulis yang dijawab, kita juga melihat kemampuan balon kades dalam memecahkan masalah dan itu dinilai dalam tes wawancaranya, mulai dari penguasaan materi, cara berargumen, mengambil keputusan, model kepemimpinan, jadi ada 5 indikator yang akan dijadikan patokan untuk menentukan nilai balon kades,” terangnya.

 

Ia membeberkan bahwa adapun isi tes tertulis adalah pengetahuan umum tentang pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pemerintah desa.

 

“Hanya 5 yang akan mengikuti cakades, nanti dilakukan perengkingan saja siapa yang layak maju sebagai cakades,” ungkapnya.

 

Ia juga sebutkan bahwa sesuai dengan schedule pilkades serentak Mateng 2023 pemungutan suara dilaksanakan pada 10 Oktober mendatang.

Dari pantauan awak media ke 12 cakades hadir dalam tes tersebut masing-masing :

1. Badaruddin.

2. Ince Abd. Rahman.

3. Jihat S.

4. Yusuf S.

5. Edi Hartoyo.

6. Fadli.

7. Rahmat E.

8. Asdkar Achmad.

9. Armin.

10. Rahmat.

11. Syahrir.

12. M. Zulqifli. B.

 

Perlu diketahui adapun tim penguji :

1. H. Bahri Hamsah (Asisten I Sekkab)

2. Zulkifli Ramli (Ka. DPMD)

3. H. Abdullah Kaluh (Kaban Kesbangpol)

4. Litha Febranti (Ka. Bappeda)

5. Sakariya (Inspektur Inspektorat).

 

Editor: Newssulawesi.com