PCNU Mateng Bersama 500 Santri dan Santriwati Upacara Hari Santri Nasional 2023

Mateng(Sulbar) — Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) gelar Upacara Hari Santri Nasional 2023 yang di ikuti sebanyak 500 santri dan santriwati dari berbagai wilayah di Mateng.

 

Upacara ini dilaksanakan di halaman apel Yayasan Nurul Muttaqin Topoyo, Jl. Pattana Bone Desa Topoyo, Mateng, Ahad (22/10/2023).

Ketua PCNU Mateng K.M. Zakaria katakan pelaksanaan upacara adalah untuk merefleksikan kembali semangat jihad.

 

“Semangat jihad, baik dikalangan santri maupun para alumni,” kata Zakaria.

 

Zakaria katakan, semangat jihad yang dimaksud adalah dapat membawa bangsa dan negara lebih maju.

 

“Membenahi keilmuan, keterampilan dan kemampuan agar santri bisa berkiprah dan memberi manfaat banyak untuk kemaslahatan umat,” ujarnya.

 

Zakaria menyebut, santri terus didorong untuk memiliki peran strategis dalam membenahi tatanan kehidupan bangsa dan negara yang lebih baik.

 

“Itulah intinya jihad santri, sesuai dengan tema kita hari santri 2023 ini yakni ‘Jihad Santri Jayakan Negeri’,” tambahnya.

 

Zakaria menambahkan jelang pelaksanaan hari santri, sebelumnya telah dilaksanakan zikir, istighosah dan salawat nariyah.

 

“Itu juga dimaksudkan untuk mendoakan seluruh warga, khususnya Mateng agar terhindar dari berbagai persolan dan pertentangan sosial,” terangnya.

 

Apalagi, lanjut Zakaria dalam rangka menghadapi Pemilu 2024 yang akan mungkin memicu sentimen sosial ditengah masyarakat.

 

“Oleh karena itu, di momen hari santri ini kita laksanakan zikir, istighosah dan salawat sebagai permohonan doa kepada Sang Pencipta agar terhindar dari semua itu,” pungkasnya.(rls)