Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Transmigran Mateng

Topoyo(Mateng)-Pemberdayaan Perempuan dalam Kemandirian wirausaha juga menjadi program prioritas Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Disnakertrans) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng).

 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Disnakertrans Mateng, Muhammadia, pada pembukaan Bimbingan Teknis (BIMTEK) pelatihan Industri rumah tangga pada pelaku usaha menengah kecil.

 

“Peserta Bimtek ini dikhususkan bagi Perempuan atau Ibu rumah tangga di wilayah kawasan Transmigrasi”, ungkap Muhammadia, saat ditemui di Hotel Fadilah, Rabu (24/08/22).

 

Bagi yang sudah memiliki usaha yang dibangun dari rumah atau ada keinginan untuk memiliki usaha, walaupun itu masih kecil karena akan ada bantua dari Dinas.

 

Ditempat yang sama Kepala Bidang Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi (PKP2Trans) Nurdin Anwar, menuturkan peserta Bimtek akan difasilitasi berupa alat untuk digunakan memulai usaha dari rumah.

 

“Seperti, blender, mixer, frizeer box dan beberapa lainnya,” tandas, Nurdin.

 

Lanjutnya, peralatan itu dipergunakan misalnya pembuatan minuman atau oalahan kue yang dibuat dari rumah kemudian dipasarkan.

 

Sehingga kemandirian wirausaha bagi Perempuan bisa terwujud dan hal ini juga mampu membantu kesejahteraan dalam keluarga.

 

Sepadan yang disampaikan oleh Narasumber Ira Djamal, bahwa Perempuan sejatinya juga harus berperan aktif dalam kelangsungan kesejahteraan dalam rumah tangga.

 

“Ibu-ibu jangan hanya tinggal diam di rumah, harus juga pintar cari uang”, tutur Kepala Dinas Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Mateng.

 

Harapannya, ia berharap kepada peserta agar bisa berdaya di Daerahnya, bisa menangkap peluang usaha yang baik serta bisa membuka peluang usaha kerja.(*/o)