Pemkab Mateng Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045

Mateng(Sulbar) — Melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pembangunan (Bappeda Litbang) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju Tengah gelar Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Mamuju Tengah tahun 2025-2045.

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula A Kantor Bupati, Jl. Tammauni Pue Ballung, KTM Benteng Tobadak Kecamatan Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Senin (01/04/24).

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Mateng Askary, Ketua DPRD Mateng Arsal Aras, Kepala Bappeda Mateng Lita Penrianti dan para undangan lainnya.

 

Wakil Bupati (Wabup) Mateng Muh.Amin Jasa menuturkan, penyusunan RPJPD 2025-2045 merupakan perencanaan jangka panjang menuju Indonssia mas tahun 2045. Sebelumnya kita telah melewati perencanaan yaitu persentase publik, dimana saran dimasukkan mulai dari awal RPJPD yang telah dirampungkan.

 

“Konsultasi publik dan musrenbang hari ini adalah, sebagai bukti kepatuhan kita terhadap perivasi dan yang terpenting adalah pelibatan seluruh kepentingan pembangunan khususnya masyarakat Mamuju Tengah. Selanjutnya komitmen pemangku kebijakan inilah kunci keberhasilan suatu kebijakan penyelenggara” ungkap Amin.

 

Besarnya komitmen pemangku kebijakan dan proses keterlibatan, kata dia, issu setrategis pembangunan secara global antara lain: perubahan iklim, pembangunan berkelanjutan secara nasional pembangunan IKN irilisasi mesin dan informasi secarana nasional, ketergantungan komunitas local, pasar pasar global risiko dan kerewanan bencana serta aktivitas lainnya.

 

“Susunan kegiatan 2025-2045 yaitu, mewujudkan Mateng maju berdaya saing dan berkelanjutan dalam sistem argopolitan. Tercakup empat tahapan RPJMD dalam RPD RPJMD dan menjadi pedoman visi misi kepala daerah nantinya baik itu RPJMD pertama 2024-2029 yaitu perkuatan pondasi arus transformasi upaya kemajuan Mamuju Tengah maju,berdaya saing berkelanjutan dalam ekosistem argo politani” sambungnya.

 

Lebih lanjut, Amin menyatakan RPJMD kedua tahun 2030-2034 akselerasi transformasi yakni upaya mencapai Kab.Mamuju Tengah maju, berdaya saing dan berkelanjutan dalam ekosistem agropolitan serta RPJMD ketiga tahun 2035-2039 ekspansi global yang akselerasi berkelanjutan dalam upaya mencapai Kabupaten maju, berdaya saing dan berkelanjutan ekosistem argopolitan dan RPJMD keempat tahun 2040-2045 mengujudkan visi misi Mamuju Tengah berdaya saing berkelanjutan dan mendukung Indonesia mas tahun 2045.***