Pertama di Mamasa, Desa Panetean Louncing aplikasi SI’DANE

Mamasa(Sulbar) — Perkembangan teknologi Informasi digital yang begitu cepat, telah membuat dunia memasuki era revolusi industri, untuk itu Pemerintah Desa Panetean  bergerak cepat melihat situasi dan kondisi saat ini.

Hal ini mendorong  Pemerintah Desa Panetean Kecamatan Aralle, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, melalui Dana Desa Tahun 2023 melaucing Aplikasi Desa Digital berbasis Web dan Android Yang diberi nama “SI’DANE” (Sistem Informasi Digital Layanan Desa Panetean)  di aula kantor desa Panetean, Sabtu 23 desember 2023.

Dalam paparannya Kepala Desa Panetean Fikal, S.Sos menyampaikan bahwa Keberadaan alpikasi ini memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat Desa serta pihak luar untuk dengan mudah mengakses demografi desa panetean.

lebih lanjut Fikal menyampaikan Insyah Allah januari 2024 kami akan gunakan secara maksimal aplikasi ini,  salah satu fitur dalam aplikasi ini adalah persuratan elektronik.

“Jadi nanti kalau ada warga panetean yang ingin bikin surat keterangan dari Desa, meski berada diluar desa dapat dengan mudah mengakses fitur, jadi kedepan warga tinggal duduk manis dirumahnya tidak perlu lagi datang kekantor desa Suketnya sudah jadi,” Tambah Fikal.

Aplikasi ini menurutnya mempunyai fitur dan modul yang dapat diakses secara online mudah digunakan oleh semua kalangan, bisa di unduh melalui Android,  dan mudahan-mudahan kedepan sudah bisa  di akases lewat Play Store.

Ditempat yang sama Kadis Kominfo Kabupaten Mamasa Lukman, S.Pdi, M.Si dalam sambutannya mengapresiasi Kepala Desa Panetan atas terobosannya dalam memanfaatkan Teknologi.

“saya kira ini harus dicontoh oleh desa- desa lain di Kabupaten Mamasa bahkan di Sulawesi Barat karna sepanjang yang saya tahu ini Desa Pertama yang melouncing Aplikasi seperti ini jadi kita di kabupaten dimudahkan  jika butuh data tinggal buka aplikasinya,” ujar Lukman.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Pemerintah Kecamatan Aralle, Kepala Puskesmas Aralle, P3MD Kabupaten Mamasa, Bhabinkamtibmas Desa Panetean, Babinsa Desa Panetean, Beberapa perwakilan Desa tetangga dan Pendamping Lokal Desa serta Kepala Dusun dan Masyarakat Desa Panetean.***