Sejumlah ASN di Mateng Menandatangani Ikrar Netralitas Pemilu 2024

Mateng(Sulbar) — Bawaslu Kabupaten Mamuju Tengah gelar Sosialisasi Netralitas ASN dan TNI Polri dalam tahapan kampanye Pemilu 2024.

 

Sosialisasi tersebut digelar di Aula Hotel Sinar Mas, Jl. Trans Sulawesi, Tobadak Desa Tobadak Kecamatan Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), selasa (28/12/23).

 

Dari pantauan awak media sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Mamuju Tengah menandatangani ikrar netralitas Pemilu 2024.

 

Selain ASN, penandatanganan deklarasi netralitas juga dilakukan oleh TNI-Polri.

 

Acara yang digelar oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mamuju Tengah berlangsung 27 hingga 28 November 2023.

 

Dihadiri seluruh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten serta perwakilan dari TNI-Polri.

 

Satu-persatu mereka membubuhkan tandatangan diatas baliho bertuliskan sejumlah poin ikrar.

 

Diantaranya, menjaga dan menegakkan prinsip netralitas, menghindari konflik kepentingan, tidak melakukan tindakan intimidasi dan ancaman untuk memihak salah satu calon atau pasangan calon.

 

Menggunakan sosial media dengan bijak, tidak dipergunakan untuk kepentingan calon tertentu dan tidak menyebarkan ujaran kebencian dan berita bohong.

 

Menolak politik uang dan pemberian bantuan dalam bentuk apapun serta bersama melalukan upaya pencegahan pelanggaran yang mungkin terjadi agar tercipta kondusifitas Pemilu 2024 di Mateng.

 

Sebelum penandatanganan, terlebih dahulu poin tersebut dibacakan oleh Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Mateng, Hairullah dan diikuti oleh peserta.

 

Komisioner Bawaslu Mateng Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, Supiardi mengapresiasi kehadiran para ASN dan TNI Polri.

 

Menurutnya, ASN dan TNI-Polri yang hadir pada kegiatan tersebut bisa jadi perpanjangan tangan Bawaslu.

 

“Intinya, dalam kegiatan ini kita berharap netralitas ASN dan TNI-Polri agar pemilu 2024 berjalan sukses, aman dan damai,” pungkasnya.**