Sekkab Mateng Resmi Melaunching Penggunaan Alat WRS


Mateng-Newssulawesi.com — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) Launching Penggunaan Alat Waening Receiver System (WRS) New Generation sebagai pemberi informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami serta info Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat Lainnya.

Acara tersebut berlangsung di Kantor BPBD Mateng, Rabu (01/06/2020) yang dihadiri Kepala OPD lingkup Pemkab Mateng, serta tamu undangan lainnya.

Dalam penyampainnya Sekretaris BPBD Mateng Awaluddin A, S.Sos mengatkan ijinkan kami menyampaikan laporan dari BMKG Pusat WRS adalah salah satu alat desiminasi informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami dan informasi BMKG lainnya, “kalau kemarin-kemarin kita dapat informasi gempa itu berhari-hari, dengan alat ini dalam waktu tiga menit sudah dapat kita ketahui pusat gempa itu dimana,” terangnya.

Awaluddin juga menambakan manfaatnya adalah tindakan mitigasi, meminimalisir korban nyawa, harta dan tindak evakuasi khususnya penduduk yang terdampak gempa bumi, tsunami,” tuturnya.

Ia juga katakan “untuk masyarakat mateng bila ingin segara mendapatkan informasi BMKG Pusat silahkan mendaftarkan nomor Handphonenya, jadi siapapun yang terdaptar disistem WRS ini akan selalu mendapatkan informasi BMKG diseluruh indonesia melalui Via Handphone,” ungkap sekretaris BPBD mateng.

Sementara Sekretaris Kabupaten (Sekkab) H. Askary Anwar, S.Sos,.M.Si, dalam sambutannya menyampaikan alhamdulillah kita dapat bantuan dari BMKG pusat berupa alat WRS yang ditempatkan di Kantor BPBD Mateng dan terima kasih juga kepada pemerintah provinsi sulawesi barat, ini satu kemajuan terhadap antisipasi gempa bumi dan tsunami diwilayah mateng,” ucapnya.

Lanjut ia katakan “supaya alat ini dapat berfungsi dengan baik maka dinas terkait harus bersinergi dengan semua pihak demi keselamatan masyarakat kita, dan perlu kesiap siagaan kita untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan,” tegasnya. (E/E)