Syukur Atas Keberhasilan Hasil Panen Rumput Laut, Masyarakat Pulau Kambunong Gelar Pesta Panen

Mateng, newssulawesi.com – Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keberhasilan panen raya rumput laut, masyarakat yang berada di pulau Kambunong desa Kambunong Kabupaten Mamuju Tengah rayakan Pesta Panen Raya, Rabu, (19/06/2019).

Pesta Panen Raya tersebut dihadiri Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten Mamuju Tengah serta masyarakat dari luar pulau Kambunong.

Sunardi selaku kepala dusun pulau Kambunong yang juga sebagai tokoh masyarakat mengatakan bahwa kegiatan seperti ini setiap tahun kami laksanakan sebagai bentuk rasa syukur atas keberhasilan masyarakat pada panen budidaya rumput laut.

“ini adalah acara rutin kita tiap tahun habis panen rumput laut, tapi baru kali ini paling ramai dari sebelumnya, dimana pemerintah serta seluruh masyarakat pulau Kambunong antusias hadir ditempat ini”. Tutur Sunardi

Menurutnya, persiapan untuk melaksanakan acara syukuran tersebut dilakukan 3 hari sebelum hari H. Dimana setiap masyarakat masing-masing membuat makanan dan dibawa ke tempat syukuran untuk di santap secara bersama-sama.

“masing-masing warga memasak di rumah, lalu hasil masakannya dikumpulkan di tempat kegiatan dilaksanakan”. Terang Sunardi.

Berbagai macam aneka masakan kuliner di suguhkan, mulai dari ikan bakar,ikan goreng, ketupat,buras,Nasi putih, sayur mayur dan masih banyak menu lainnya.

Kepala Desa Kambunong, Abdul Saalam, sangat mengapresiasi kegiatan pesta panen masyarakat kambunong, yang dilakukan secara Suka cita.

“selaku pemerintah Desa, kami sangat mengapresiasi kegiatan semacam ini, Insya Allah, kedepannya pemerintah akan lebih memperhatikan serta menganggarkan untuk pelaksanan kegiatan seperti ini”. Ucap Abdul Salam.

Dipenghujung acara, masyarakat saling siram menyiram satu sama lain, sebagai bentuk persaudaraan masyarakat Desa Kambunong.
(TEMA 26/NS)