Terkait Kisruh Kades Lumu dan Warganya, Ketua APDESI Mateng Siap Memfasilitasi Perdamaian Kedua Belah Pihak

Mateng(Sulbar)–Kisruh antara Kepala desa (Kades) Lumu dan Warganya, ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) Alimuddin ikut angkat bicara.

 

Ditemui awak media dikantornya di Desa Salogatta, Alimuddin mengatakan terkait kisruh antara Kades Lumu dan warganya, selaku ketua APDESI Mateng dan selaku pribadi, saya siap membuka diri memfasilitasi perdamaian antara kedua bela pihak.

 

”Selaku Ketua APDESI Mateng dan juga pribadi, saya siap membuka diri mempasilitasi perdamaian antara Kades Lumu dan warganya,” kata Alimuddin yang juga saat ini menjabat sebagai Kades Salogatta. Kamis (19/10/2023).

 

Ia melanjutkan bahwa untuk persoalan ini, tentu selaku ketua APDESI MATENG, saya sudah turun langsung melihat kondisi bagaimana persoalan yang terjadi di lapangan.

 

”Selaku ketua APDESI kami tidak akan mencampuri proses hukum yang saat ini sementara berjalan, namum kami juga akan membuka diri untuk menfasilitasi perdamaian kedua bela pihak, dan tentu memberikan jaminan keamanan kepada pelapor jika Jalur ini ingin ditempuh,” ucapnya.

 

Masih Alimuddin, intinya kami itu ingin melihat warga masyaraka tidak ada yang merasa diancam ataukah terancam bahkan tidak ada yang meresa akan ada pengancaman.

 

”Intinya kita ingin menwujutkan ketentraman dan kedamaian ditengah tengah masyarakat,” jelas Alimuddin.

 

Selaku Ketua APDESI Mateng, ia berpesan baik secara pribadi maupun kepada teman teman yang ada di desa, bahwa yang lebih di utamakan tentu rasa aman kepada masyarakat. Potensi yang terjadi yang berhungan dengan diri kita ataupun masyarakat umum, tugas kita adalah bagaimana mengutamakan dulu perdamaiannya.

 

”Proses benar atau salah nanti biar proses hukum yang menentukan bahwa ini yang salah dan ini yang benar, kita disini yang di utamakan dulu yakni keamanan dan kedamaian masyarakat,” pinta Alimuddin.

 

Alimuddin juga menambahkan  saat dirinya bicara dengan kades Lumu melalui telpon pribadi nya beliau mengatakan jika dirinya siap untuk difasilitasi untuk menyelesaikan dengan warganya yang diduga berseteru.

 

”Saya ini kepala desa, mana mungkin saya mau membuat ancaman, justru saya minta siap di fasilitasi untuk perdamaian sehingga semuanya bisa terbagun rasa aman dan tentram masyarakat secara umum,” tutup Alimuddin menirukan apa yang di sampaikan kades Lumu.(rls)