Tim Audit Kinerja Tahap II Itwasda Polda Sulbar Kunjungi Polres Mateng, Ini Tujuannya

Mateng(Sulbar) — Kepolisian Resor Mamuju Tengah (Mateng) menerima kunjungan Tim Audit Kinerja Inspektorat Pengawasan Daerah (Itwasda) Polda Sulbar tahap II aspek pelaksanaan dan pengendalian T.A. 2023 di Mapolres Mateng. Kamis (12/10/2023).

Kegiatan audit tersebut dipimpin oleh Auditor I Itwasda Polda Sulbar, Kombes Pol Ardi Sutriono S.I.K, didampingi oleh Ketua Tim, Kompol Muhammad Imbar Bakri S.Pd, S.H, MH, beserta rombongan. Kegiatan ini disambut langsung oleh Kapolres Mamuju Tengah, AKBP Amri Yudhy S, S.I.K., M.H, beserta jajarannya.

Tim audit kinerja itwasda polda sulbar, dalam mengawali kegiatan kunjungannya, melakukan pemeriksaan kendaraan dinas polri, baik roda dua, roda empat, roda enam, dan Water Canon. Lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan kelengkapan peralatan Dalmas, Senpi, amunisi, Peluru Gas Air mata, HT, alat emergency kit, Apar dan alut alsus lainnya yang digelar di Lapangan Apel Mapolres Mateng.

Selain pemeriksaan kendaraan dinas (Randis) dan Alat Khusus (Alsus), tim audit Itwasda Polda Sulbar juga menyaksikan peragaan Dalmas untuk mengevaluasi persiapan personel Polres Mamuju Tengah dalam menghadapi Pemilu Serentak tahun 2024 mendatang.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pengawasan dan pemeriksaan kinerja tahap II. Dengan Fokus pemeriksaan pada Pendalaman Manajemen Operasional, SDM, Logistik, dan Penyelenggaraan Keuangan terhadap masing-masing Bag, Sat, dan seksi yang dilaksanakan di Aula Wicaksana Laghawa Polres Mateng.

Kegiatan audit kinerja ini merupakan bagian penting dalam upaya peningkatan profesionalisme dan akuntabilitas institusi kepolisian. diharapkan ada evaluasi yang komprehensif terhadap kinerja kepolisian, dengan tujuan memberikan dampak positif terhadap pelayanan publik dan penegakan hukum.

Kapolres Mateng, dalam kesimpulannya menegaskan bahwa hasil pemeriksaan Itwasda akan menjadi pembelajaran bagi perencanaan inspeksi berikutnya. Ia juga mendorong PJU Polres Mamuju Tengah dan operator fungsi-fungsi lainnya untuk mengikuti petunjuk dari tim audit serta memperbaiki kesalahan yang mungkin ditemukan dalam pemeriksaan.

“Hal ini adalah langkah penting dalam meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Polres Mamuju Tengah kepada masyarakat,” tutup Amri.(rls)