Islamic Evironment School Barakkang, Merupakan Sekolah Alam Yang Berbasis Syariah Pertama Yang Ada di Desa Barakkang

Mateng, newssulawesi.com – Islamic Environment School (IES) Barakkang adalah sekolah alam socialprenuer berbasis syariah, sekolah tersebut merupakan sekolah yang pertama kali ada di Indonesia tepatnya di dusun Barakkang, desa Barakkang, kabupaten Mamuju Tengah.

Fatmawati Arisuddin selaku pendiri Islamic Environment School Barakkang kepada kru laman ini, Selasa (26/03) mengatakan, bahwa Islamic Environment School adalah sekolah alam berbasis socialprenuer berbasis syariah baru pertama kali ada di indonesia yaitu di desa Barakkang dan sekolah ini baru dibuka beberapa bulan dengan memiliki tiga kelas.

“Islamic Environment School Barakkang baru memiliki tiga kelas. kelas satu dari usia 1 sampai 7 tahun itu pembentukan karakter, kelas dua dari usia 8 sampai 14 tahun lebih kedisiplinan dan sedangkan untuk kelas tiga di atas dari 14 tahun keatas kami jadikan sahabat PAP (Professores Art Production) ” ungkapnya.

Ia juga menambahkan Islamic Evironment Barakkang ini berbeda dengan sekolah alam lain yang ada di indonesia, di sekolah ini di samping siswa di ajarkan tentang agama Islam, mereka juga di ajarkan tentang pentingnya menjaga lingkungan.

“di samping mengajarkan tentang pendidikan agama kepada semua siswa dari kelas satu sampai kelas tiga dengan cara kekinian dan asik melalui lagu – lagu islami dan gems, siswa juga di ajarkan tentang peduli lingkungan. Salah satu program pembelajaran di sekolah Islamic Evironment School Barakkang yaitu pemerhati lingkungan, setiap hari minggu semua siswa dari kelas satu sampai kelas tiga membersihkan sekitaran sekolah ini, sampah – sampah yang bisa di daur ulang di pisahkan oleh siswa dan di simpan di sekolah ini untuk di kelolah oleh siswa kelas tiga, dan sampah – sampah yang bisa di daur ulang ini akan di buat produk karya seni yang memiliki nilai jual beli ” tuturnya. (2M)