Arsal Aras: Silaturahmi Membuka Pintu Rezeki dan Panjang Umur

Topoyo(Mateng)_Yayasan Furqan Nurul Amin, TPA Nurul Amin melaksanakan Khataman Qur’an dan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan ini dilaksanakan di halaman TPA Nurul Amin, Bayor Dusun Balatatomene Desa Topoyo Kecamatan Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah, Ahad (04/12/22).

Dalam sambutannya Dr. H. Arsal Aras, SE, M. Si Ketua DPRD Mateng mengatakan terkait dengan khatam Qur’an. Bahwa di tempat seperti inilah kita harus belajar.

“Zaman digital ini bisa jadi aplikasi yang termuat dalam handphone itu tidak sesempurna yang ada di Alqur’an,” ucapnya.

Ia melanjutkan untuk memperingati Maulid, ini harus menjadi kewajiban bagi saudara-saudari kita semua yang hadir di sini yang meyakini bahwa inilah cara kita untuk memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

“Hal yang seperti ini harus kita lakukan setiap tahunnya. Ya maulidnya kita tidak sembunyi-sembunyi lagi karena covid mulai berkurang,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh masyarakat setempat yang begitu antusias mengikuti dan meramaikan kegiatan khatam Qur’an dan Maulid.

“Mengedepankan komunikasi dan silaturahmi, Pemerintahan itu saudara di Mamuju Tengah, dengan terbangunnya silaturahmi komunikasi maka bukan tidak mungkin pembangunan TPA kita itu bisa dibantu oleh Pemerintah,” jelasnya.

Ia menambahkan yang terakhir saya sampaikan kepada kita semua momentum ini juga kita jadikan tempat silaturahmi.

“Yang disampaikan kepada kita oleh para Ustadz bahwa silaturahmi itu bisa membuka pintu rezeki dan memanjangkan usia kita,” terangnya.

Ia juga Apresiasi sholawat yang dilantunkan ibu ibu majelis taklim dusun Balatatomene, Sholawat seperti ini juga bisa menggairahkan kita semua.

“Sholawat seperti ini membangkitkan semangat kita bahkan tadi saya tersenyum tapi bulu bulu saya merinding mendengar salah satu ibu-ibu,” tuturnya.

Menutup sambutannya berpesan kepada generasi generasi muda kita agar belajar bersholawat karena kami ini bapak-bapak biasanya hanya ikut sama ibu-ibu.

Ditempat yang sama Drs. Bambang Soeparni. M. Pd, Asisten III Setda Mateng mengatakan bapak dan ibu sekalian kita masih diselimuti oleh suasana covid 19 yang masih tetap menghantui. Dan juga marilah kita senantiasa sambung silaturahim.

“Semoga ini menjadi pemicu untuk membangkitkan anak-anak kita supaya lebih menyemarakkan. Mendorong anak-anak kita untuk belajar Alqur’an,” ucapnya.

Ia melanjutkan Kemudian kalau yang Maulid Insya Allah itu setiap tahun hampir semua masjid ataupun mushola di Mamuju Tengah melaksanakan, Alhamdulillah sampai dengan Sekarang masih semangat telah melakukan peringatan-peringatan maulid.

“Semoga dengan giat-giat ini bisa menjadikan berkahnya Allah itu akan turun dari langit dan bumi untuk kesejahteraan masyarakat Mamuju Tengah. Bapak dan ibu sekalian khususnya anak-anakku yang barusan pagi ini khataman, Saya atas nama pemerintah menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sedalam dalamnya kepada orang tua dari anak-anakku yang tadi khataman Qur’an,” katanya.

Ia juga berharap yang tadi khatam Qur’an ini bisa kiranya untuk menghayati memahami dan mengamalkan. Dalam kehidupan sehari hari dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

“Dan saya juga sangat berharap bapak dan ibu mendorong anak-anaknya belajar Quran, dan alhamdulillah saya itu memang program saya minimal satu malam itu saya harus dapat 1 sampai 2 juz satu malam memang program saya. Makanya anak-anak juga demikian,” Imbuhnya.

Ia menambahkan Kemudian terkait dengan Maulid. Kalau kita mau mencontohi Rasulullah keseluruhan insya Allah kita belum mampu. Secara keseluruhan Rasulullah itu telah memerintahkan kepada kita untuk senantiasa belajar dan belajar utamanya adalah belajar Qur’an, belajar sunnah, belajar al-hadits dan belajar tentunya agama Islam secara keseluruhan dan harus berimbang dengan belajar ilmu secara umum.

“Kita harus mengimbangi agama dengan pembelajaran yang umum, Insya Allah mengarungi hidup di dunia akan jadi lebih baik,” jelasnya.

Ia juga katakan bahwa bagian kesejahteraan rakyat setda mateng sudah menerima lebih dari 200 proposal.

“Kita harus pilih mana yang lebih prioritas, apalagi yang sudah tahun ini dapat barangkali istirahat dululah, yang penting komunikasi,” tutupnya.

Perlu diketahui Bahira, S.Pd pimpinan Yayasan Furqan Nurul Amin,

Dan 30 Santri dan Santriwati yang mengikuti Khataman Qur’an, dengan dibalut budaya mandar menunggang kuda (Sayang pattu’du) dan di iringi Rebana (parrawana).

Hadir sebagai pembawa hikmah Ustadz Andi Irwansyah Latief, S. Pd.i, M.Pd.i.

Turut Hadir, Anggota DPRD mateng, Kemenag Mateng, Sekcam topoyo, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Penulis : erik