Gelar Apel Siaga, Ini Amanat Ketua Bawaslu Mateng

Mateng(Sulbar)–Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) gelar Apel Siaga Kesiapan Jajaran Pengawas Pemilu dalam Pengawasan dan Penindakan Pelanggaran Tahapan Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2024.

 

Apel tersebut digelar di Lapangan Sepakbola Desa Waeputeh, Kecamatan Topoyo, Mateng, Sulbar, Minggu (19/11/23).

 

Didepan Peserta Apel, Ketua Bawaslu Mateng Rahmat Muhammad menyampaikan hari ini dilaksanakan apel siaga secara serentak di Sulbar.

 

“Konsolidasi dan Sinergi Mengawasi dalam Mewujudkan Pemilu Demokratis,menjadi harapan terbesar dalam pelaksanaan apel siaga ini selain itu Kegiatan Apel siaga ini bertujuan membangun spirit dan menguatkan semangat kebersamaan di jajaran pengawas pemilu sebagaimana amanah undang – undang,” harapnya.

 

Para pengawas dilapangan dalam hal ini harus berani mengambil tindakan maupun sikap ketika dilapangan ditemukan dugaan pelanggaran. Sehingga dengan kegiatan ini Bawaslu Kabupaten Mamuju Tengah ingin mengingatkan jajarannya agar tidak bermain-main dalam menggunakan kewenangan besar yang dimiliki.

 

“Dengan kewenangan besar yang dimiliki pengawas dan tidak dimiliki oleh instansi lain itu maka siapapun yang diduga melakukan pelanggaran maka boleh dipanggil dan diproses oleh Bawaslu,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut, Rahmat Muhammad menekankan bahwa seluruh pengawas pemilu harus solid, dan bersinergi untuk mengawasi dan melakukan pencegahan terhadap bentuk-bentuk pelanggaran, terutama politik uang, politisasi SARA dan hoaks.

 

Selain itu, terundangnya berbagai unsur baik OKP,Lo Partai, Pegawai Negeri Sipil maupun Pemula dan Saka Adiyasta Pemilu dalam apel siaga tersebut juga menjadi tanda bahwa Bawaslu fokus mengawal hak demokrasi dan menunjukan kesanggupannya dalam melakukan pengawasan di setiap tahapan nantinya.

 

“Terlepas dari itu Ketua Bawaslu Mamuju Tengah juga mengajak masyarakat untuk bersama memastikan tidak ada tindakan dalam bentuk pelanggaran pemilu kedepannya agar demokrasi pemilu dapat berjalan dengan baik di setiap tahapannya,” pungkasnya.(rls)