Upaya Menurunkan Angka Stunting, Polres Mateng Launching Aplikasi Sicenting Siamasei

Tobadak(Mateng) – Hari ini Polres Mamuju Tengah (Mateng) mengikuti acara launching aplikasi Sicenting Siamasei yang digelar secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting.

Kegiatan tersebut di Aula Wicaksana Laghawa Polres Mateng, Jl. H. Aras Tammauni, Tobadak Kecamatan Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Kamis (14/9/2023).

Kegiatan ini memiliki tujuan besar untuk mengatasi masalah stunting di wilayah Sulbar dengan melibatkan semua pihak terkait.

Dalam arahannya, Kapolres Mateng AKBP Amri Yudhy S, S.I.K., M.H menyampaikan tujuan dari aplikasi ini, yaitu untuk mempermudah penurunan angka stunting dengan mengumpulkan data yang akurat terkait stunting, sehingga penanganan terhadap bayi yang menderita stunting dapat lebih tepat sasaran.

“Stunting adalah masalah yang memerlukan kerjasama dari berbagai pihak, bukan hanya tugas satu instansi, tetapi harus melibatkan seluruh stakeholder yang terkait, termasuk keluarga sebagai lingkup terkecil dan pemerintah sebagai lingkup terbesar,” ujar Amri.

Kapolres juga mengajak semua pihak, termasuk TNI, bhabinsa, bhabinkamtibmas, dan tenaga kesehatan, untuk ikut aktif dalam menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi “Sicenting Siamasei” diharapkan akan menjadi alat yang efektif dalam upaya penurunan angka stunting di wilayah Sulawesi Barat, dengan melibatkan semua elemen masyarakat dalam pengumpulan data yang akurat.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penyematan pita oleh Kapolres Mateng bersama Forkopimda kepada setiap satgas penanganan stunting, serta penyerahan bantuan stunting secara simbolis kepada warga yang terdampak stunting.

Acara ditutup dengan pelepasan satgas penanganan stunting oleh Kapolres Mateng.

Turut hadir Sekda Mateng Dr. H. Askary, S.Sos, M.Si, Asisten I Bidang Pemerintahan H. Bahri Hamsah, S.IP, Pabung Mateng Mayor Inf Buhari serta berbagai pihak terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Direktur RSUD Mateng, serta para PJU Polres Mateng, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, Tim Medis Mamuju Tengah, dan Tim Penyuluh KB Mamuju Tengah.
(rls)